Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Tahun Liturgi - Minggu Palma

Tahun Liturgi Gereja

Sampai jumpa lagi di Gema Katekese di edisi minggu ini. Pada edisi minggu ini GEMPAR masih mengetengahkan mengenai untaian Tahun Liturgi khusus Masa Prapaskah.

Edisi lalu kita telah membahas upacara Rabu Abu. Pada edisi ini kita akan membahas Minggu Palma (peringatan Sengsara Tuhan dan masuknya Tuhan ke Yerusalem) dan Kamis Putih (Perayaan Kenangan (anamnesis) dari Perjamuan Malam Terakhir).

Kebetulan pada minggu ini kita akan merayakan kedua peristiwa penting itu. Semoga tulisan pendek ini membantu kita memahami dan menghayati kedua perayaan tersebut.


Pergeseran Simbol

Menurut Egeria, sejak abad ke-5 sudah dipraktikkan liturgi palma di Bukit Zaitun dengan format Liturgi Sabda pada siang hari dan prosesi menuju kota Yerusalem pada sore hari. Selanjutnya, Gereja Barat mentransfer tradisi tersebut hingga masa kini. Bahkan di Spanyol (tahun 600-an) sudah ada tradisi penggunaan daun palma dalam liturgi tetapi tanpa prosesi.

Pada abad pertengahan prosesi Minggu Palma malah tampil lebih dramatis dan teateral: peran Yesus secara simbolik dipresentasikan Kitab Suci atau salib. Selanjutnya dalam tradisi Gereja Jerman, tokoh Yesus dalam prosesi digambarkan sedang menunggang keledai yang terbuat dari kayu yang beroda.

Sementara simbolisme daun palma bagi kultur Yunani dan Latin bermakna sebagai kehidupan, harapan, dan kemenangan.


Halaman: 1 2

lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.