Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Natal dan Masa Depan Keselamatan

Natal dan Masa Depan Keselamatan
Keselamatan bukan di Masa Lalu atau di Masa Depan. Pemazmur hendak mengingatkan kita betapa kelahiran Yesus, bukan pertama-tama tentang masa lalu yang terjadi dua ribu tahun lalu.

Keselamatan juga bukan mengenai apa yang akan terjadi di masa depan? Sebab orang yang berpikir ke masa lalu akan berpura-pura iba, “Kasihan Yesus ya... keren-keren kok lahir di kandang domba?”

Sementara orang yang berorientasi ke masa depan akan berkhayal, "Kalau Allah berkenan, kalau Yesus lahir 5-10 tahun lagi, ia datang dalam sosok cerdas seperti Steve Jobs.”

Keselamatan Terjadi Sekarang dan Saat Ini

Keselamatan itu terjadi kini dan saat ini (hic et nunc). Dia bukan kronos (waktu) tapi khairos (saat), tepatnya saat di mana kita sungguh hidup benar dan tulus hati dalam menyambut kehadiran Tuhan dalam hidup kita. 

Menguti pemazmur, “Bersukacitalah karena TUHAN, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi nama-Nya yang kudus.” (Mzm 97:12). Inilah yang kita rayakan setiap tanggal 25 Desember: Christus natus est ! Ya, Kristus telah lahir, mari kita sambut dengan gembira. Aleluia. 

Begitulah Natal bernada gembira kendati dengan nuansa kesederhanaan yang tersedia. Di kandang domba, di bawah sambutan para gembala. 

Pertanyaannya adalah mengapa kita mesti menunggu Natal di setiap akhir tahun? Si miskin di kolong jembatan mungkin akan menimpali, “Ngapain pusing... Kristus lahir atau tidak.. kagak ada pengaruhnya buat kami. Tetap aja kami tak pernah merasakan penyelamatan dari orang-orang yang merasa sudah diselamatkan oleh Tuhan itu.” 

Selanjutnya si kaya - yang seluruh hidupnya menghirup nafasnya sendiri karena tiupan lembut AC ruang kerjanya dan di rumahnya yang bak istana di perumah elitnya akan berkomentar genit,  “So what gitu loh... Mau lahir kapan pun Yesus lahir kagak ngaruh. Justru klo bisa saya usul, Natal itu dirayain bulan oktober aja deh...biar enggak berat mikirin THR untuk karyawan saya.“ Lanjut Baca!


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter