Ad Unit (Iklan) BIG

Mari Menjadi Pribadi yang Cerdas Bersinergi

3 komentar
Sinergi = "1+1 =2" ? 

Secara sederhana, ada yang mengatakan bahwa pengertian sinergi itu ibarat penjumlahan seperti 1+1= 2. Jangan pusing dengan angka 1 dan 2, karena penjumlah yang sama juga terjadi dalam angka lainnya. Pengandaian ini hanyalah sebagai gambaran modaliatas dari "sinergi". Adapun modal dasar dari SINERGI itu sendiri adalah keragaman tetapi bukan keseragaman. Artinya, hanya perbedaan lah yang mampu menciptakan sinergi. Ya, karena perbedaanlah, sebuah tim atau sistem bisa kuat – karena satu dengan yang lain saling mengisi.


Sinergi dalam Tataran Etimologis

Secara etimologis istilah "sinergi" erat terkait dengan salah satu sifat dari sistem, yakni "emergensi". Emergensi (emergence) adalah sifat yang muncul hanya pada level sistem. Saat sistem tersebut dibagi-bagi menjadi elemen-elemen nya, maka properti emergensi-nya (emergence properties) akan serta merta menghilang. Ini ibarat membedakan kondisi "spare-part mobil ditumpuk di gudang" dan "ketika spare-part modbil tersebut  dirangkai menjadi sebuah sistem yang utuh bernama mobil". Sistem yang utuh bernama mobil tadi tak lain adalah emergence property yang bisa digunakan untuk memindahkan orang dan barang "dari- dan ke- suatu tempat". Tak heran bila dalam pemaparan "systems thinking" ada konsep ini “The whole is greater than the sum of its elements“.


Menata Perbedaan dalam Sinergitas

Dalam banyak kasus, perbedaan lah yang sebenarnya akan membuat sistem komunitas menjadi lebih kuat, karena satu dengan yang lain akan saling mengisi. Dalam ilmu manajemen resiko hal ini biasa disebut manajemen portofolio. Saat yang satu lemah, yang lain mendukung; yang satu menyelesaikan masalah dengan analitik, yang lain menuntaskannya secra lebih intuitif. Saat yang satu marah yang satu lagi semerstinya mendengarkan. Ini juga yang semestinya yang bergema daalam hubungan perkawinan, juga dalam relasi kita dengan orang terdekat kita.


Kecerdasan Sinergis adalah Pintu menuju Kebahagiaan

Setiap orang yang memiliki kecerdasan sinergis ialah mereka yang menjaga selalu setia menjaga sebentuk cinta bagi yang lain sembari tetap mengusahakan sikap saling-pengertian melalui kehadiran nyata mereka di tengah lingkungan terdekat mereka. Orang yang cerdas bersinergi adalah orang yang pada akhirnya berhasil memadukan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan berbagai kecerdasan lainnya dalam usaha menggapai kebahagiaaan banyak orang dalam hidup mereka. 



Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

3 komentar

  1. Saling mengisi dan melengkapi, untk bersinergi. Dewasa ini, sering kali terjadi pertikaian hanya karena perbedaan yang mereka yakini bahwa hanya "dirinya" yang benar, hanya "dirinya" yang mampu. Dengan tulisan "yangmulia" ini, menyadarkan kita bahwa tak hanya keseragaman yang akan berjalan sebagaimana mestinya, namun perbedaanlah yang akan membuat keragaman itu menjadi lebih sempurna. :)

    BalasHapus
  2. "Diversitas in unitas" Perbedaan semestinya menciptakan keharmonisan. Makasih komentarnya ya de...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih abang... lah to, jd tambah belajar lg,, bahasa asing.. kosa kata q nambah nich.. indahnya perbedaan. haaa

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter