Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Strategic Sourcing

cerdas bersinergi consulting
Strategic sourcing dapat didefinisikan sebagai suatu inisiatif yang direncanakan untuk mengoptimalkan pembelanjaan dengan memilih pemasok yang dapat menciptakan peningkatan pengetahuan dan nilai lebih dalam hubungan pelanggan-pemasok.

Secara teoritis kegiatan ini mudah, tetapi dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi dengan supplier dan lainnya.

Perusahaan juga memerlukan adanya pemahaman akan peran penting bagian pengadaan barang untuk bisa mengoptimalkan pengeluaran dan menghemat pembiayaan yang harus dikeluarkan.


SASARAN PEMBELAJARAN
  1. Memahami Procurement Principles - yakni memahami tentang, prinsip dasar pembelian, peran strategis pembelian, struktur organisasi pembelian, administrasi pembelian, procurement plan, purchase requisition.
  2. Menguasai Supplier Relationship Management - yakni tentang perbedaan antara SRM dan hubungan tradisional dengan Supplier, jenis-Jenis relationship dengan Supplier, mengelola relationship dengan supplier, proses seleksi dan kualifikasi supplier, metode evaluasi kinerja Supplier.
  3. Menguasai Metode Sourcing - antara lain memahami supplier tentang klasifikasi supplier, bid collection, metode survey harga, benchmarking.
  4. MengembangkanTeknik Menganalisa Penawaran - membaca quotation serta terms and conditions melalui survei lapangan, sampling produk, survei pasar, bid comparison.
  5. Mengembangkan e-Procurement - baik konsep e-Procurement, e-Procurement flowchart, seleksi Vendor IT, arsitektur System e-Procurement, interface modul,security system, evaluasi current system.
  6. MengembangkanTender Management - melalui regulasi dan kebijakan tender, dokumen dan administrasi tender, pra-kualifikasi dan pasca kualifikasi, HPS/OE, TKDN, analisa dan evaluasi tender.
  7. Menguasai dan mengimplementasikan pemahaman - mengenai Vendor Managed Inventory baik konsep VMI, perbedaan VMI dengan JIT, syarat pelaksanaan VMI, penyusunan terms and conditions VMI.


FORMAT PEMBELAJARAN
  • Panjang Modul: 20 jam efektif (10 jam in-class training, 4 jam diskusi kelompok, 2 jam penugasan kelompok, 2 jam penugasan individu dan 2 jam latihan ketrampilan secara individu).
  • Besaran Kelas: 8 - 10 peserta.
  • Prework: Tidak ada.
  • Format: Island untuk 4 orang atau U-shape dengan maksimum 4 orang di tiap sisi.


KELOMPOK SASARAN Human Capital Division / HR Division dengan jabatan Associate Specialist Human.


INVESTASI
Rp 10.000.000,- / paket (peserta maksimal = 10 orang)
Rp 1.250.000,- / orang (bila peserta < 10 orang)
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter