Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Kultur

Kultur

Pada umumnya kebudayaan Timur, termasuk kebudayaan Batak memandang eksistensi manusia dari sudut pandang humanisme spiritual dengan melibatkan empat dimensi ini:
  1. Diri (Self)
  2. Komunitas (Community)
  3. Dunia (Earth) dan
  4. Surga (Heaven).
Pengembangan karakter selalu dimulai dengan pengembangan diri (budidaya diri). Selanjutnya pengenalan diri itu dikembangkan lewat pendidikan, tempat di mana pengetahuan dan keterampilan diasah dan dikembangkan.

Begitulan manusia belajar menjadi manusia (to be human) secara holistik:
  • “belajar tentang diri sendiri”
  • “belajar dari alam,”
  • “belajar menjadi diri yang mendalam.”
  • “mencapai kebahagiaan”

Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter