Ad Unit (Iklan) BIG

LF.20. Two Wrongs Make a Right

wo Wrongs Make a Right
* Diramu dari berbagai sumber Forum Sains dan Wikipedia

Model berdebat Two Wrongs Make a Right (dua kesalahan menjadikan sesuatu benar) adalah kesalahan dari relevansi di mana kesalahan itu diduga merupakan balasan atas tuduhan yang sama.

Dalam suatu penalaran logis, suatu premis salah tidak semata-mata menjustifikasi suatu premis salah lain menjadi benar.

Contoh 1:
  • Premis A : Di negara ini hukum tidak ditegakkan secara baik. (salah)
  • Premis B : Banyak sekali koruptor yang dibiarkan bebas. (salah)
  • Konklusi: Oleh karena itu, sah-sah saja bagi saya untuk melakukan korupsi karena memang negara tidak menegakkan hukum. Salah pemerintah sendiri kenapa tidak menggunakan perangkat hukum untuk menangkap saya.
Contoh 2:
  • "Orang Islam merusaki gereja adalah agama sesat, oleh karena itu saya berhak untuk mengkonversi mereka menjadi Kristen dengan cara apapun."
Penjelasan :
  • Perlu dicari kompleksitas permasalahannya terlebih dahulu. Selanjutnya, tindakan konversi yang juga bukan merupakan tindakan yang etis tentu tidak layak untuk digunakan sebagai alasan pembenarannya.
  • Menilai suatu agama melalui generalisasi dari hanya beberapa oknum yang berkelakuan negatif jelas bukan merupakan suatu tindakan yang bijaksana.




lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter