Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Advokasi Masyarakat

Berkembangnya berbagai organisasi yang berbasis komunitas menunjukkan tumbuh dan berkembangnya kesadaran untuk melakukan berbagai perubahan dengan bermula dari kebutuhan yang muncul dalam komunitas itu sendiri.

Hal ini berarti bahwa keberadaan organisasi yang berbasis komunitas ini merupakan upaya bagi komunitas bagi dirinya sendiri untuk mencari dan mengembangkan berbagai alternatif pengembangan yang sulit untuk ditemui secara individual.

Di sisi lain, berbagai organisasi sejenis ternyata memiliki jaringan luas yang belum tentu berakar kuat di sebuah komunitas.


Dalam hal ini, perkembangan suatu kebutuhan yang timbal-balik dimana komunitas membutuhkan ketrampilan organisasi untuk memfasilitasi berbagai keinginan dan kebutuhannya sementara organisasi yang berbasis komunitas membutuhkan komunitas sebagai dimensi keberpijakan sosial yang diyakini sepenuhnya sebagai visi dasarnya.

Elemen-elemen masyarakat memiliki keterkaitan erat dengan advokasi sebagai bentuk dukungan untuk perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat terjalin komunikasi dan interaksi dari berbagai pihak dan berbagai kegiatan.

Konsistensi, komunikasi dan interaksi yang baik didapat dari proses melalui langkah-langkah dan strategi yang ditetapkan sebelumnya, sehingga advokasi dapat berjalan dengan sistematis


Obyektif
  1. Mengembangkan pengetahuan dan wawasan atas teknik-teknik advokasi serta proses implementasinya di masyarakat
  2. Membangun ketrampilan dalam melakukan kegiatan advokasi masyarakat, terutama yang berkaitan dengan upaya identifikasi kebutuhan komunitas dan penentuan teknik advokasi yang sesuai dengan kebutuhan komunitas itu sendiri.
Kompetensi yang ingin dikembangkan
  1. Pengetahuan strategis atas konsep advokasi dalam organisasi dan komunitas
  2. Pengenalan atas berbagai ketrampilan teknis dalam melakukan proses dan mekanisme advokasi masyarakat.

Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter