Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Golkar Yang Tak Lagi Mekar

GOLKAR atau Partai Golongan Karya adalah gerbang paradoksal perpolitikan Indonesia. Selama kurang lebih setengah abad mereka selalu intim dengan kekuasaan.

Seperti beringin, kadernya sangat mengakar pada prinsip pertautan yang saling bertautan sama lain.

Begitu juga dengan batang, rantingnya yang selalu seia-sekata dalam satu motto:

"Golkar adalah kekuasaan, dan kekuasaan adalah Golkar. Maka dengan cara apa pun kekuasaan itu harus Golkar peluk."

Sedemikian wanginya Golkar di masa orde baru, kendati hal itu terjadi karena mereka pintar bersembunyi dibalik ketiak sang raja.

Tapi para kader generasi kedua, ketiga dan generasi terkini melupakan satu hal, yakni sang raja sudah berganti dan tak ada lagi raja yang menyediakan ketiaknya untuk menyembunyikan bau apek mereka.

Begitu kuatnya figur almarhum raja sehingga ketika ia sudah tak ada, para kader pun menjadikan dirinya sebagai raja, minimal raja-raja kecil yang diikuti oleh segelintir pasukan berbaju kuning berlogo beringin.

Kini, rasa haus akan kekuasaan, rasa rindu menjadi bagian dari pengatur pemerintahan membuat mereka saling berebutan, hingga mereka pecah dan terbelah.

Kita hanya bisa berharap semoga islah dan reunifikasi antar mereka sungguh terwujud, agar roda pemerintahan tidak terganggu oleh lalu lalang para politisi berbaju kuning yang seringkali secara diam-diam mengemis ke istana.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter