iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Mental vs Mentel

Mental vs Mentel

Untuk kata genit atau centil, orang Batak dan orang jawa mengenal kata "mentel". Artinya kurang lebih sama dengan genit atau cunihin (Sunda). Kata ini tentu saja memiliki asosiasi yang positif. Jadi, bukan genit yang mengarah ke seksualitas.

Orang mentel biasanya orang yang secara gestural agak berlebihan. Misalnya mengatakan sesuatu dengan gerakan mulut dan tubuh diluar kewajaran.

Sehari-hari kita kerap melihat jenis orang seperti disebutkan di atas, dan biasanya mayoritas dari si mentel ini adalah perempuan.

Sayangnya hari-hari ini kata "mentel" juga kerap diterjemahkan dengan kata over-acting yang menunjuk pada gaya berlebihan yang ditampilkan oleh seseorang dalam kesehariannya.

Di titik inilah kata mentel bahkan telah menjurus ke kata "mental" (hanya beda satu huruf) sebagaimana dilakukan oleh para pejabat yang terbiasa tampil mentel tapi demi menutup mental korupnya.

Ini yang dilakukan oleh si Damayanti Wisnu Putranti yang gaya bicara dan tindak-tanduknya selalu mentel. Damayanti bahkan tak peduli dengan mental korupnya saat "mengamankan" dana proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) tahun 2016 bersama teman-temannya di Komisi V DPR-RI.

Kalau enggap percaya lihat sendiri deh... betapa hari-hari ini mereka yang berpenampilan mentel semakin banyak dibui karena mental mereka yang semakin korup.

Mereka pada awalnya tampil mentel saat menjadi relawan Jokowi atau pendukung Ahok, lalu kemudian setelah keinginannya terpenuhi, mereka akan kembali ke mentalitasnya semula, yakni menjadi pencuri harta negara.

Sepertinya dari berbagai kasus serupa akan lahir judul sinetron baru, yakni "Si Mentel Bermental Korup!"

Tak hanya wanita, para pria mentel pun semakin banyak bermental korupsi. Mengapa? Sebab ke-mentel-annya mereka dengan mudah mengelabui mental korupnya.


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.