Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Saba Langit

Saba Langit
Saat para petani membuncah asa mengharap hujan, "Par-saba langit do hami di huta on," kata inang boru Sihotang di Simbolon, Palipi beberapa waktu lalu.

Sekira tiga minggu lalu hujan memang sempat "mandeg" di Samosir. Baru dua hari lalu hujan turun deras dan kemarin turun juga hujan kendati hanya rintik-rintik saja.

Boru Hotang benar. Tak hanya di huta (kampung)-nya, khususnya bila musim kemarau tiba, areal persawahan di berapa tempat di Kabupaten Samosir akan mengering. Lahan yang seharusnya sudah bisa digarap untuk menyambut musim tanam akan terlantar akibat ketiadaan air apalagi sedang musim kemarau.

Di Samosir, sawah hanya bisa dikelola dengan mengandalkan hujan (tadah hujan). Kalau hujan turun mereka bisa menanam padi dengan maksimal. Itu pun hanya bisa setahun sekali. Hasil panen padi juga kurang masksimal karena kekura­ngan air.

Persoalan kekurangan air untuk mengairi sawah sudah bertahun-tahun dirasakan petani setempat. Kendati ada waduk, tetapi tidak memenuhi kebutu­han air untuk mengairi seluruh sawah petani.

Di sisi lain, saudara-saudara kita di berbagai tempat, termasuk di Jakarta sepertinya sering "benci" pada hujan yang membanjiri wilayah mereka. Sorot kamera televisi memang selalu ke Jakarta, dan sesekali ke kota-kota besar lain yang mudah dijangkau oleh kendaraan mewah mereka.

Tentu tak banyak media yang mau tahu dengan apa yang terjadi di daerah lain, termasuk para petani sawah tadah hujan (saba langit) di Samosir yang kekeringan dan sedang butuh hujan.

So, jangan sesekali melawan kekuatan semesta. Bersahabatlah dengannya


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter