iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Dari SMAK menuju SMAKN

Dari SMAK menuju SMAKN

Dulu saya pikir sekolah umum yang berada dibawah Kementerian Agama (kemenag) itu cuma Madrasah Ibtidah (MIN), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Ternyata juga ada Sekolah Menengah Teologi Kristen Negeri, Sekolah Menegah Budha Negeri, Sekolah Menengah Hindu Negeri, dan akhir-akhir ini hampir terwujud Sekolah Menengah Agama Katolik (Negeri) atau SMAK.

Walaupun sudah ada beberapa SMAK dan sudah meluluskan beberapa lulusan, tetapi nyatanya belum satu pun dari SMAK itu yang sudah dinegerikan seperti MAN, SMTKN, SMABN, SMAHN.

SMAK St. Thomas Rasul Samosir yang memulai aktivitas pendidikannya sejak tahun ajaran 2013/2014 silam adalah salah satu yang sedang berproses menjadi SMAKN.

Kendati baru meluluskan satu angkatan, nyatanya sekolah ini sudah diminati banyak orangtua hingga menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah berasrama ini.

Lokasinya yang sangat indah, persis di bibir Danau Toba, di wilayah Simbolon-Samosir telah menjadikan sekolah ini sebagai tempat belajar yang tenang dan asyik. Suhu udara yang sangat sejuk dan lingkungan sekitar yang asri membuat sekolah menjadi istimewa.

Jangan salah. Seperti MAN pada umumnya, kendati berada di kementerian Agama, SMAK St. Thomas Rasul juga merupakan sekolah umum dengan jurusan yang juga ada di SMA yang berada di bawah kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Ya, jurusan yang dibuka juga mencakup Jurusan IPA, IPS dan tentu saja Agama Katolik sebagai kekhususannya. Berkaitan dengan jurusan terakhir, maka SMAK memang sengaja dibuka oleh pemerintah untuk menjawab kebutuhan masyarakat Agama Katolik.

Maka, sebagaimana juga MAN, kekhasan sekolah ini ada pada identitas kekatolikannya. Sehingga guru dan staf, juga siswa-siswi yang belajar di tempat ini seluruhnya beragama Katolik.

Dalam bahasa yang sederhana, SMAK ini semacam Seminari Menengah Katolik untuk putera-puteri Gereja di tingkat SMA yang secara khusus juga diperuntukan untuk umat Katolik.

Maka, bagi umat orangtua Katollik, terutama yang ada di Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Sibolga dan Keuskupan Padang, sekolah ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai pilihan untuk menyekolahkan anak.

Selain kualitas para guru yang relatif baik, juga didikan lembut tetapi penuh disiplin dari para suster KSFL di asrama, maka sekolah ini sangat tepat sebagai tempat persemaian bibit-bibit unggul Katolik yang kelak menjadi generasi bangsa yang 100% Katolik dan 100% Indonesia.

Bapa/ibu tertarik?

Hubungi:
SMAK St. Thomas Rasul Samosir
Dusun Tuk-tuk Onan - Tarabunga, Desa Simbolon Purba
Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir
Sumatera Utara, Indonesia

Contact Persons:
0853 7280 9723 (Siita Tamba, S.Pd)
0812 6206 3082 (Enos Sinaga, SE)
0821 6525 2896 (Labatua Sitanggang, S.Pd)
0813 7501 6744 (Dirman Nainggolan S.Ag)
0813 7092 4785 (Paima P. Saing, S.Ag)


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.