Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Menyambut Tamu

Menyambut Tamu
Kata Andersius Ginting Ofs, kalau Anda bertamu ke rumah orang Karo, maka akan disambut dengan kalimat, "Enggo man kam?" (Anda sudah makan?)

Sementara kata Ewin, kalau bertamu ke rumah orang Batak Toba, Anda akan disambut dengan kalimat, "Nandigan hamu sahat?" (kapan tiba?).

Beda lagi kalau di Simalungun, sebagaimana dituturkan Jasinus Srgh, Anda justru disambut dengan kalimat, "Dokah do ham ijon?" (Lama enggak di sini?)

Sementara menurut sahabat Coco Vin, seorang tamu yang baru tiba justru disambut dengan kalimat, "Kapan rencananya pulang?"

Apa pun ungkapan penyambutan tamu dari berbagai budaya di atas maknaya sama saja. Semuanya hanya ingin memastikan tamu merasa senang di tempat mereka.

Mungkin dia datang dari jauh dan belum sempat makan, maka harus dipastikan dia sudah makan atau belum makan ("Sudah makan?"). Pun harus dipastikan mereka itu tiba tanpa hambatan atau tidak (Kapan tiba?).

Tak hanya itu, sebagai antisipasi tuan rumah, kepada tamu juga harus dijelaskan berapa lama ia tinggal ("Lama enggak di sini?"; dan tuan rumah juga harus memaksimalkan kunjungan sang tamu ini secara terhormat ("Kapan rencananya pulang?")

Begitulah persaudaraan mesti kita pahami. Satu sama lain harus memahami "nilai" (value) dan "makna" (meaning) dibalik ungkapan keramahan setiap orang berdasarkan sukunya.

Salam Bersaudara!


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter