Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Uang vs Aturan

Kalau Gereja Katolik tak membolehkan perceraian dan poligami, lalu bagaimana dengan mereka yang diam-diam telah pisah rumah dengan istri ORI-nya lalu dia serumah dengan istri KW-nya?

Ingat pria tadi seorang Katolik. Sekali lagi, dia Katolik yang rajin ke gereja setia minggu. Lagipula dia iru tokoh masyarakat. Soalnya dia anggota dewan.

Di Lingkungan tempat ia tinggal ia sudah jadi bahan gosip. Semua orang hanya pura-pura gak (mau) tahu kalau dia sudah menceraikan istrinya secara sipil dan menikah kembali di rumah otangtuanya dengan mengundang seoran pendeta yang kebutlan Tulangnya.

Tapi aneh. Setiap mengikuti perayaan Ekaristi dia selalu menyambut komuni. Pastor memberi dia komuni, seperti juga umat lain.

Benar bahwa umat Katolik di Lingkungannya juga tahu kalau ia seorang donatur di gereja. Pada waktu Lingkungannya retret ke Parapat, dialah yang membayar satu bus parawisata dan semua biaya hotel. Umat Lingkungan hanya bermodalkan kehadiran saja.

Juga di tingkat paroki dia ini telah banyak membantu pembangunan gereja di stasi-stasi. Bisa di bilang, dari 5 stasi yang ada, dia selalu ikuta jadi donatur dengan sumbangan fantastis.

Pertanyaanya, bukan "Tindakan apa yang harus dilakukan okeh Gereja kepada pria yang melanggar hukum gereja ini".

Bukan. Bukan itu pertanyaanya, tapi, "Ada enggak sih orang seperti ini di wilayah Paroki, Stasi, atau Lingkungan kita?"

Bukan apa-apa, di kampung kami, di lingkungan Gereja Stasi St. Petrus Bahtonang belum ada yang kayak gitu.

Lha jelas. Wong belum ada orang Bahtonang yang pernah lolos jadi anggota dewan, entah di DPRD tingkat II atau DPR-RI, apalagi sampe lolos di Komisi II yang membahas megaproyek e-KTP.

Ha...ha...ha...


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter