iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Mulak Balging

Mulak Balging

Orang yang pergi (merantau) tanpa hasil, dalam terminologi orang Batak disebut "Mulak Balging". Istilah "mulak balging" juga digunakan untuk si pembawa pesan, penagih utang, debt collector dan sejenisnya yang pergi tanpa hasil, bahkan tak berhasil menemui orang yang ditujunya.

Tak berhenti di situ, ungkapan "mulak balging" ternyata sering juga digunakan untuk menggambarkan kegagalan seorang cowok saat cintanya ditolak pujaan hatinya.

"Hassit na i rohakki dibaen ho ito, dung didokhon ho na so olo ho tu au. Mulak balging ma au dibaen ho. Dangol na i pakkilaanhi dibaen ho Ito.....," begitu syair lagu yang sayup-sayup kudengar saat perjalanan dari Medan menuju Palipi-Samosir tadi sore.

Sepertinya, agar "dang mulak balging" (tidak pulang tanpa hasil alias gagal), seseorang membuthukan perencanaan Yang mantan dan matang.

Misalnya sebelum pergi menemui seseorang, silahkan membuat janji terlebih dahulu. Begitu juga sesaat sebelum Anda mengungkapkan cinta, silahkan ngaca dulu hahaha...


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.