Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Plagiarisme Di Media Sosial

Plagiarisme Di Media Sosial
Ilustrasi: Koleksi Pribadi
Di media sosial plagiarisme itu seakan tak terbendung. Aku pernah iseng cek di Google dan menemukan fakta mengerikan: Tulisan-tulisanku di blog pribadiku banyak juga dicuri dan direpost 100% oleh orang lain tanpa izin. Boro-boro menyembutkan sumbernya.

Saya bahkan pernah tanya ke orang bersangkutan. Dia hanya jawab "Kalau sudah di internet berarti milik umum."

Tampaknya kebiasaan ini hanya terjadi di negara di mana masyarakatnya sudah terbiasa mengklaim milik orang sebagai miliknya. Selain karena malas membaca dan malas berpikir, kebiasaan ini juga merupakan bentuk pelecehan kepada kaum intelektual.

Di titik inilah korupsi telah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat di negeri ini. Meminjam istilah Fadlly Zon yang doyan fitnah itu, sebagaimana "korupsi adalah oli pembangunan", demikian juga plagiarisme adalah oli pendidikan.

#Mengerikan











Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter