Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Lonceng - Geliat Kehidupan

Lonceng - Geliat Kehidupan
Lonceng Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematang Siantar
Kalau gereja punya lonceng untuk memanggil umat yang akan beribadah, mesjid punya toa untuk mengingatkan orang untuk sholat, maka SMA Seminari Menengah Christus Sacerdos punya lonceng kecil untuk mengingatkan seluruh kegiatan yang akan dilakukan.

Pendidikan di SMA Seminari Menengah Christus Sacerdos di era kamiProbatorium 93, Gramatica 94, Syntaxis 95, Poesis 96 lonceng yang berada ditengah gedung asrama dan sekolah itu bahkan lebih nyaring sekaligus sakral dibanding merdunya paduan suara seminaris saat itu.

Mengenang kehidupan sepanjang 4 tahun pendidikan SMA di Seminari Menengah Christus

Sacerdos Pematangsiantar, oleh karenanya tak terasa lengkap bila tidak bertutur ulang tentang peran lonceng mungil itu (lihat foto lampiran).

Detak lonceng adalah geliat kehidupan para seminaris. Bunyinya yang berpola 1x, 2x, 3x atau panjang adalah intonasi dinamis tentang seluruh aktivitas seminaris sepanjang tinggal dan dididik di Seminari.

Rasanya ‘bunyi lonceng’ itulah yang membuat para alumni atau Mantan Seminari Christus Sacerdos Pematangsiantar selalu rindu untuk menciptakan 'seminari mini’ bersama para alumni.

Tak mengherankan betapa kedekatan dengan sesama seminaris, apalagi satu angkatan tak lain adalah kelekatan para mantan seminaris dengan almamaternya.

Hari ini lonceng itu pun berdentang merdu panjang sebagai alarm untuk para seminaris bahwa hari ini libur dan serentak menjadi nada panggilan kepada para mantan Mantan Seminari Christus Sacerdos untuk mengheningkan cipta sejenak, memanjatkan doa dan syukur atas ulang tahunnya.

Proficiat !
DIES NATALIS !


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter