Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Kameramen dan Fotografer Di Setiap Momen



Dulu hanya barisan wartawan dengan kamera dan video recorder yang berebutan memotret peristiwa yang sedang atau telah berlalu. Mereka inilah yang kita sebut fotografer atau kameramen.

Tapi kini, dengan semakin menyatunya fungsi alat komunikasi smartphone dengan kamera atau video recorder, maka seorang fotografer/kameramen bisa jadi bukan seorang wartawan/reporter/jurnalis.

Kini warganet atau siapapun yang telah intim dengan smartphone berbasis OS atau Android adalah wartawan yang selalu berada di setiap peristiwa. 

Mengapa? Merekalah yang selalu siaga memotret, entah saat menjadi pelaku atau peliput peristiwa, atau disaat ia terkait erat dengan obyek/subyek yang dipotret.

Foto terlampir ini misalnya. Sebagian besar dari orang yang memotret 25 orang anggota DPRD Samosir (2019-2024) ini merupakan bagian langsung (misalnya, keluarga) dari orang yang sedang dipotret, atau kameramen dadakan yang dimintain tolong untuk mengabadikan moment tersebut oleh si pemilik smartphone (obyek foto).

Teknologi memang kerap mengaburkan dan "mengganggu" profesi yang selama ini dianggap sangat spesial.

Tetapi di lain pihak, seperti kasus di atas, teknologi seringkali justru memudahkan tugas jurnalis, terutama saat mereka tak turun langsung menyaksikan peristiwa tertentu.

lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter