iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Kameramen dan Fotografer Di Setiap Momen

Kameramen dan Fotografer Di Setiap Momen

Dulu hanya barisan wartawan dengan kamera dan video recorder yang berebutan memotret peristiwa yang sedang atau telah berlalu. Mereka inilah yang kita sebut fotografer atau kameramen.

Tapi kini, dengan semakin menyatunya fungsi alat komunikasi smartphone dengan kamera atau video recorder, maka seorang fotografer/kameramen bisa jadi bukan seorang wartawan/reporter/jurnalis.

Kini warganet atau siapapun yang telah intim dengan smartphone berbasis OS atau Android adalah wartawan yang selalu berada di setiap peristiwa.

Mengapa? Merekalah yang selalu siaga memotret, entah saat menjadi pelaku atau peliput peristiwa, atau disaat ia terkait erat dengan obyek/subyek yang dipotret.

Foto terlampir ini misalnya. Sebagian besar dari orang yang memotret 25 orang anggota DPRD Samosir (2019-2024) ini merupakan bagian langsung (misalnya, keluarga) dari orang yang sedang dipotret, atau kameramen dadakan yang dimintain tolong untuk mengabadikan moment tersebut oleh si pemilik smartphone (obyek foto).

Teknologi memang kerap mengaburkan dan "mengganggu" profesi yang selama ini dianggap sangat spesial. Tetapi di lain pihak, seperti kasus di atas, teknologi seringkali justru memudahkan tugas jurnalis, terutama saat mereka tak turun langsung menyaksikan peristiwa tertentu.


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.