iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Perencanaan Versus Pencarian

Perencanaan Versus Pencarian
Pengembangan komunitas (Community development) menumbuhkan pemahaman menyeluruh mengenai realitas kompleks 'di lapangan’ di atas sebagai kunci bagi aksi pemberdayaan komunitas, entah secara personal maupun secara kolektif.

Hal ini sangat penting, mengingat mereka yang terlibat dalam pekerjaan pembangunan komunitas " di lapangan" sering kali tidak efektif bila hal di atas tidak dikritisi.

Komunitas akan melibatkan masyarakat dalam menentukan masalah dan mencari solusi dengan cara bekerjasama dengan lembaga lokal lainnya untuk menentukan solusi praktis terbaik bagi persoalan hidup mereka, dan selanjutnya akan mengevaluasi setiap aksi itu dengan tetap berbasis pada kebutuhan masyarakat yang dilayani.

Selain pemeriksaan medis, pendekatan psikologis yang mumpuni, community development akan melengkapinya dengan pendekatan metodologis lain seperti pendekatan kultural.

Pengembangan komunitas dengan demikian akan menjadi penghubung antara komunitas itu sendiri dengan masyarakat yang dilayani > Lanjut Baca!



Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.