Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Perencanaan Versus Pencarian

Perencanaan Versus Pencarian
Pengembangan komunitas (Community development) menumbuhkan pemahaman menyeluruh mengenai realitas kompleks 'di lapangan’ di atas sebagai kunci bagi aksi pemberdayaan komunitas, entah secara personal maupun secara kolektif.

Hal ini sangat penting, mengingat mereka yang terlibat dalam pekerjaan pembangunan komunitas " di lapangan" sering kali tidak efektif bila hal di atas tidak dikritisi.

Komunitas akan melibatkan masyarakat dalam menentukan masalah dan mencari solusi dengan cara bekerjasama dengan lembaga lokal lainnya untuk menentukan solusi praktis terbaik bagi persoalan hidup mereka, dan selanjutnya akan mengevaluasi setiap aksi itu dengan tetap berbasis pada kebutuhan masyarakat yang dilayani.

Selain pemeriksaan medis, pendekatan psikologis yang mumpuni, community development akan melengkapinya dengan pendekatan metodologis lain seperti pendekatan kultural.

Pengembangan komunitas dengan demikian akan menjadi penghubung antara komunitas itu sendiri dengan masyarakat yang dilayani > Lanjut Baca!



lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter