Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Yang Berasal dari Allah Tak Akan Pernah Sirna

Yang Berasal dari Allah Tak Akan Pernah Sirna
Nemo dat non quod habet
Kisah tentang Yesus memberi makan lima ribu orang (Yoh 6:1-15) mengurai hal penting berikut ini:
  • Yesus mencobai Filipus: "Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?" (Yoh 6:5-6)
  • Filipus: "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja." (Yoh 6:7)
  • Andreas: "Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?" (Yoh 6:8-9)
  • Yesus: mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka: Roti dan ikan pun dibagi-bagi hingga kelimaribu orang itu kenyang, bahkan masih tersisa 12 bakul penuh. (Yoh 6:11-13)
  • Orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakan Yesus: "Dia ini adalah benar-benar nabi yang akan datang ke dalam dunia." Mereka sungguh percaya bahwa Yesus sungguh datang dari Allah. (Yoh 6:14)

    Gamaliel (Kis 5: 34-42)

    Kekaguman sekitar lima ribu orang itu sama kualitasnya dengan rasa kagum Gamaliel, seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak saat mendengarkan kesaksian para Rasul mengenai kebangkitn Yesus. (Kis 5:34)

    Kis 5: 38-39 mengisahkan kesaksian Gamaliel dihadapan mahkamah Agung, "Janganlah bertindak terhadap orang-orang ini. Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap, tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah." Nasihat itu pun diterima. (Kis 5:38-39)

    Bagi Gamaliel, "menentang Yesus sama saja dengan melawan Allah. Sebab yang datang dari manusia pasti akan sirna dan hancur; sementara yang datang dari Allah akan abadi."



    lusius-sinurat
    Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

    Related Posts

    Posting Komentar






    DONASI VIA PAYPAL
    Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

    Subscribe Our Newsletter