iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Pojok #worldcupqatar2022

Pojok #worldcupqatar2022

Boleh saja #brazil🇧🇷 kalah dari #croatia🇭🇷 dan merusak prediksi pasar taruhan sepakbola.

Tapi semua pertandingan selama #worldcupqatar2022, tak terkecuali #brazilcroatia2022 tetaplah menjadi tontonan yang menghibur.

Sebagai pendukung #brazil🇧🇷 saya memang merasa agak kecewa. Tapi saya juga ingat bagaimana piala dunia 2010, 2014 dan 2018 telah menjadi pelajaran berharga, dimana Brasil pernah tersingkir lebih awal.

Bagaimanapun mendukung timnas yang bukan timnas dari negara sendiri sama saja seperti mendukung klub tertentu. Kita ikutan senang saat menang dan ikutan sedih kalau kalah.

Saya, misalnya tak pernah berpaling dari @realmadrid sebagai jagoan La Liga, Liga Champion dan pertandingan tingkat klub. Sering menang tapi pernah juga kalah di final.

Sementara untuk Piala Eropa saya selalu menjagokan timnas #portugal🇵🇹 sebagai calon juara. Ya, minimal pernah 1x menjuarai Piala Eropa di era @cristiano cs.

Begitu juga sejak kenal dan ikut menonton #pialadunia, saya selalu mendukung #brazil.
Saya masih ikut dua kali merasakan nuansa juara #brazil di Piala Dunia, di era @Bebeto cs dan di era @ronaldo cs

Ini enaknya kalau timnas Indonesia gak pernah ikutan #worldcup. Kita para warga Indonesia penikmat tontonan sepakbola menjagokan timnas berbeda.

Tak jarang warga nusantara mendukung timnas berdasarkan kesamaan zona, atau karena ada idolanya di timnas tertentu, bahkan karena kesamaan agama yang dianut.

Lihatlah kemenangan timnas Maroko yang mengalahkan Spanyol langsung dikaitkan dengan ritual agama hingga lupa pada kerjasama 11 orang yang berjuang di lapangan.

Piala dunia tak lebih dari tontonan di layar tv, ipad atau smartphone kita. Jadi jangan sampai Anda melempar televisi atau ponsel pintar Anda hanya karena timnas negara lain kalah.

Seperti dalam foto terlampir [ @robert_sinurat_rps @srgmarion dan @lusiussinurat ], menonton pertandingan piala dunia ini ibarat berdiskusi dengan seru, menarik dan asyik. Kadang ada perbedaan pendapat. Tapi justru kesamaan chemistry atau perbedaan pendapat itu yang membuat kami saling merindukan.

#edisiultahkakmarion
#croatia🇭🇷 vs #brazil🇧🇷
#nederland🇳🇱 vs #argentina🇦🇷


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.