Ad Unit (Iklan) BIG

Ritus Perkawinan Adat Batak Toba




Bagian ini memuat gambaran umum perkawinan adat dalam kebudayaan Batak Toba. Di awal bagian ini akan ditampilkan secara singkat mengenai kehidupan sosial-masyarakat budaya Batak Toba.

Perkenalan dengan kebudayaan Batak Toba ini menjadi pintu masuk bagi penulis untuk secara khusus mendalami upacara atau ritus perkawinan yang ada di dalamnya. Hal ini dikedepankan mengingat bagian ini menjadi fokus awal untuk membuka cakrawala pemikiran antropologis dari perkawinan adat Batak itu sendiri.

Dan, cakrawala pemikiran antropologis ini penting bagi cakrawala pemikiran teologis-liturgis berkat pertemuan kebudayaan Batak Toba dengan Kristianisme.

Pada bagian ini mencakup tahapan perkawinan adat dan ritus perkawinan adat Batak Toba. Dalam adat Batak Toba, penyatuan dua orang dari anggota masyarakat melalui perkawinan tak bisa dilepaskan dari kepentingan kelompok masyarakat bersangkutan.

Demikianlah keseluruhan rangkaian ritus perkawinan adat batak-toba mengiyakan pentingnya peran masyarakat, bahkan ia tak dapat dipisahkan dari peran masyarakat. Inilah yang terlihat dari di namika rangkaian ritus perkawinan adat batak-toba, sebagaimana akan diuraikan pada bagian ini.

Sebelum masuk pada pokok persoalan itu, penulis terlebih dahulu akan memaparkan secara sepintas mengenai kultur batak toba dengan memusatkan perhatian pada unsur-unsur yang terdapat di dalamnya, khususnya unsur-unsur yang berkaitan dengan ritus perkawinan. 


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter