Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Sepintas Tentang "Devosi" - 3

Sepintas Tentang DevosiHAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM DEVOSI

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa Yesus Kristus, dalam keilahian dan kemanusiaan-Nya, merupakan satu-satunya pengantara Allah dan manusia.

Selanjutnya, devosi kepada Bunda Maria dan para kudus lainnya, pada akhirnya merupakan devosi kepada Kristus, karena anugerah rahmat-Nya sudah jaya dalam diri Maria dan para kudus.

Devosi juga serentak harus berdasarkan iman dan ketaatannya pada Sabda Allah, Maria merupakan model yang istimewa bagi gereja dan anggotanya. Maria adalah seorang murid yang luar biasa.

Penampakan, vision dan peristiwa-peristiwa luar biasa lainnya yang dihubungkan langsung maupun tidak langsung dengan Maria, boleh dipercaya; boleh tidak dipercaya.

Tak satu pun daripadanya pernah boleh dipandang essential bagi iman Kristen, entah itu disetujui oleh gereja atau tidak.

Selain ketiga hal di atas, dalam devosi juga tidak boleh menempatkan "isi Pesan, Petunjuk atau sejenisnya" dalam devosi dipandang dan ditempatkan sejajar dengan Injil. Isi atau pesan itu seharusnya dinilai dalam terang iman gereja dan hendaknya tidak bertentangan dengan Kitab Suci.

Akhirnya, dalam terang iman dan kecintaan saya terhadap Bunda Maria, saya berharap agar pokok-pokok pikiran sederhana ini membantu saudara-saudari dalam penghayatan iman.

Allah tidak pernah mati, jangan pernah berhenti mencari Dia. Dalam usaha itu, belajarlah dari Maria, Bunda Yesus dan Bunda kita. "Maria, Ora Pro Nobis!" - Selesai  Baca Dari Awal!

Sumber :
  1. “Pengantar Liturgi: Makna Sejarah dan Teologi Liturgi”; E. Martasudjita, Pr; Kanisius 1999; 
  2. “Rosario: Sejarah dan Misteri Kuasanya”; Willem Daia; Pusaka Nusatama 2000
  3. “Mariologi, Teologi dan Devosi”; C. Groenen; Kanisius 1988; 
  4. “Maria”; Seri Pastoralia; Nusa Indah 1988; 
  5. “Maria: Devosi Yang Khas Katolik”; Seri Pastoral; Ledalero 1988
  6. www.indocell.net/yesaya”

lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter