Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Integritas Seorang Pemimpin Agama

Pemimpin Agama
Pertemuan Para Tokoh Agama Katolik KAM 7-10 April 2016
Para pemimpin agama pada akhirnya bukan hanya berkutat pada usaha memperbanyak jumlah pengikut agama bersangkutan. Sebab bila demikian terjadi, maka mereka tak lebih dari seorang petugas pemasaran sebuah produk.

Para pemimpin agama juga tak cukup hanya mengasah kemampuan mereka berkotbah di mimbar-mimbar agung dan dengan lantang memproklamirkan bahwa "Kita adalah umat pilihan Allah". Sebab bila demikian terjadi, maka mereka tak lebih dari seorang penyulut perang dengan memilah antara "kita" dan "mereka".

Para pemimpin agama di sisi tertentu tak lebih dari sekedar pemimpin perang ketika sebagai kaum mayoritas ia mengajak umatnya untuk menindas kaum minoritas; atau ketika ia bagian dari kaum minoritas mengajak kaumnya untuk membangun kerajaan sendiri secara ekslusif.

Akhirnya, para pemimpin agama semestinya mengembalikan peran mereka sebagaimana dintuntut oleh para pendiri agama mereka, yakni menjadi PEMIMPIN yang melayani, GURU yang mengajari kebaikan, dan IMAM yang menghadirkan kesucian Allah yang ia imani.

Kiranya inilah ruang simpul pada "Pertemuan Pemimpin Lembaga Agama Katolik Provinsi Sumatera Utara dan Nangroe Aceh" di Parapat, 7-10 April yang lalu. Semoga keindahan dan ketenangan alam Danau Toba turut menyelimuti usaha ini.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter