Ad Unit (Iklan) BIG

Dasar Teoritis dan Pengaruh-pengaruh Utama

Posting Komentar
Dasar Teoritis dan Pengaruh-pengaruh Utama
Baudrillard banyak dipengaruhi oleh tokoh-tokoh diantaranya Karl Marx, Frederich Nietzsche, Claude levi-Strauss, Louis Althusser, Georges Batalille, Marel Mauss, Henri Lafebvre, Jacques Lacan, Roger Caillois, Gilles Deleuze, filsuf Madzhab Frankfurt, Marshall McLuhan.


Pokok-pokok Pemikiran

Baudrillard mengembangkan teori yang berusaha memahami sifat dan pengaruh komunikasi massa. Menurut Baudrillard, media massa itu menyimbolkan zaman baru, bentuk produksi dan konsumsi lama telah memberikan jalan bagi semesta komunikasi yang baru, dunia yang dikonstruksi dari model atau simulacra.

A. Transisi historis dari modernitas ke posmodernitas dalam tiga tahap 

Sejak jaman Renaissance hingga kini telah terjadi tiga kali revolusi simulacra, yaitu counterfeit, production dan simulation, yang merupakan nama yang berbeda untuk arti yang sama yaitu, imitasi atau reproduksi dari image atau obyek.

  • image merupakan representasi dari realitas.
  • image menutupi realitas. 
  • image menggantikan realitas yang telah sirna, menjadi simulacrum murni.

Pada sign as sign, simbolika muncul dalam bentuk irruption. Baudrillard kemudian menambahkan tahapan keempat yang disebut fractal atau viral. Kini kita pada tahapan fractal, suatu tahapan transeverything yang mengubah secara radikal cara pandang kita terhadap dunia.


B. Pokok Masalah

Pertama, sejarah perkembangan industri sejak zaman Renaissance hingga sekarang adalah sejarah simulacra, yaitu sejarah imitasi, atau reproduksi sehingga menimbulkan persoalan makna, orisinalitas dan identitas manusia.

Kedua, masyarakat konsumen adalah masyarakat dalam pertanyaan.
Ketiga, sirnanya realitas “Not into nothingness, but into the more real than real (the triumph of simulacra)?

Terakhir, perkembangan yang pesat dari teknologi diakhir abad 20 dan awal millennium ketiga ini telah melampaui batasbatasnya dan menjalar keseluruh sendi-sendi kehidupan manusia dan mengubah secara radikal cara pandang manusia terhadap dunia. Dipertanyakan kemampuan teori untuk menjawabnya. Lanjut Baca!

Selengkapnya: 1 < 2 < Simulacra dan Realitas Semu 4 > 5 > 6 > 7

Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter