iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Derita Sang Bunda

Ibu P : “Udah, lanjutkan aja penjelasannya!”

Ibu K : “Sabar..sabar... sabar, bu. Gini loh bu. Membahas Bunda Maria itu pasti nyangkutnya ke YESUS KRISTUS juga.

Jadi jangan Yesus-nya mau, tapi Maria nya gak mau. Orang protestan suka gitu deh hehehehe. Penampakan YESUS (di Kitab Suci) percaya abis, tapi penampakan Maria dicela abis. Gimana sih?"


Ibu P : “Maksudnya apa neh? Ntar gue lapor sama suami gue yang Ajun Komisari Besar itu, baru tau loe!”

Ibu K: “Tenang aja. Neh dengerin penjelasan gue lebih lanjut, bu. Hmmm... sampe di mana tadi ya? Oh ya... Topik tentang Maria pasti berhubungan dengan Kristologi!

Kalo Kristologinya bener, pasti memandang Maria secara wajar (Mariologi). Tapi kalo Kristologinya awut-awutan kayak pendeta loe tadi, pasti deh susah menempatkan Maria pada tempatnya. Hehehe...

Dulu, Bu, sebelum dibaptis jadi Katolik karena suiami, pandanganku tentang Maria itu sama persis kayak ibu....

Ya masih anti Maria gitu deh. Abis-abisan deh cari ayat yang membuat Maria seolah-olah pribadi biasa saja dan gak ada alasan untuk menghormatinya seperti dilakukan orang Katolik.

Tapi kini setelah melihat ikon Maria menurunkan mayat YESUS dari kayu salib, tiba-tiba dalam hati aku bertanya, “Gimana perihnya hati Maria saat Putera satu-satunya itu diperlakukan kejam?”

Jujur aja neh ya, Bu. Kalo nonton film The Passion of Christ, bukan saat Yesus-nya yang disalib yang buat saya nangis. Tapi saat adegan YESUS kecil terjatuh dan kemudian dipeluk oleh BundaNya, juga saat YESUS memanggul salib dan terjatuh dan Sang Bunda hanya bisa mencucurkan air mata tanpa daya.

Nah bagi saya... itulah bagian yang sangat menimbulkan rasa pedih. Kalo cewek dah punya anak kayak kita-kita ini loh Bu... pasti deh bisa ngerti hal itu.

Hal ini persisi yang ditulis oleh Lukas dalam injilnya: “....dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri--,supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang."  


Ibu P : “Terus?” (Mulai penasaran.. tapi masih pengen cari alasan buat nyalahin Ibu K)

Ibu K : “Yup. Tenang. Duduk manis aja situ, bu. Btw, masih cukup waktu enggak neh? >> Lanjut Baca!

Selengkapnya:  1 > 2 > 3 > 4 > 5 > 6 > 7



Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.