Ad Unit (Iklan) BIG

Tak Sekedar Biji Sesawi - 5

Posting Komentar
tak sekedar biji sesawi
(3) Allah Memberikan Iman

Paulus menulis dalam Roma 12:3: "Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku ..., sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran (biji) iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing". 

Iman bermula ketika Allah memberi kita masing-masing ukuran biji iman. Kata "ukuran" berasal dari bahasa Yunani metron, artinya "proporsi terbatas". Biji ini (proporsi/ukuran yang terbatas ini) adalah pemberian Tuhan bagi semua orang yang percaya. 

Tak seorang pun Kristen pun yang dapat berkata "Aku tidak mempunyai iman", karena Alkitab mengatakan bahwa Allah memberi pada setiap orang ukuran/biji iman. Untuk lebih jelasnya dapat kita temukan dalam Efesus 2:8-9:

"Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah: itu bukan hasil pekerjaanmu, jangan ada yang memegahkan diri." Jika anda adalah seorang percaya yang lahir baru, maka biji, ukuran dan karunia telah diberikan kepada anda.


Dua Macam Iman

Ada dua macam iman dan kita perlu membedakannya.
  1. Karunia Iman. "Pemberian/karunia iman" ini disebut dalam 1 Korintus 12:9. Ini adalah pemberian yang berkuasa dari karunia iman dari Allah kepada anda.
  2. Iman yang Bertumbuh. Yang lainnya adalah iman yang bertumbuh di dalam anda. Pada iman yang bertumbuh, jika anda memulai dengan iman "5 talenta" dan tumbuh menjadi iman "75 talenta" maka anda dapat menghadapi keadaan apa saja yang memerlukan iman hingga ukuran talenta 75 persen.
Sebaliknya jika iman anda belum bertumbuh dengan cepat, tetapi anda hanya mengenal iman itu sebagai pemberian tiba-tiba atau "pembagian" iman hanya untuk menghadapi satu macam keadaan tertentu saja, maka pertumbuhan iman anda mungkin baru mencapai tingkat iman 5 talenta. 

Beberapa orang Kristen masih mengenang saat-saat penting ketika mujizat-mujizat besar karena iman itu terjadi melalui diri mereka, mungkin duapuluh tahun yang lalu, tetapi iman mereka tidak lagi bertumbuh dari hari tersebut sampai sekarang.

Iman yang berkuasa dapat datang kepada anda dalam situasi tertentu dan mujizat yang besar dapat terjadi. Tapi apabila keadaan tersebut berlalu, karunia iman itu pun ikut berlalu dan tidak lagi tinggal di dalam anda. Iman yang bertumbuh adalah iman yang akan tinggal dengan anda dan bekerja untuk anda dalam situasi apapun, yang anda hadapi. 

Selama masalah itu tidak melampaui tingkat pertumbuhan iman anda, maka anda akan selalu menjadi pemenang. Tetapi, seperti halnya murid-murid Yesus, jika anda menghadapi masalah yang lebih besar dari tingkat pertumbuhan iman anda, maka anda mungkin mengalami kekalahan.


Selengkapnya:  1  | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter